4 Langkah Cara Menggunakan Google Drive Mac OS

Google Drive Mac OS – Google Drive adalah salah satu alat berbagi file terbaik, yang membuat berbagi data dengan orang lain lebih mudah dari sebelumnya. Anda dapat berbagi apa saja mulai dari dokumen sederhana hingga file video besar saat menggunakan platform.

Google Drive juga menyediakan opsi untuk mengintegrasikan penyimpanan cloud dan penyimpanan Mac. Ini ditawarkan oleh aplikasi desktop Google Drive Mac OS, yang memungkinkan Anda memilih folder Google Drive tertentu untuk disimpan di Mac Anda. Hari ini kita akan membahas cara memasang dan menggunakan Google Drive untuk desktop di Mac Anda.

Google Drive Mac OS untuk desktop

Google Drive Mac OS memungkinkan Anda berbagi dokumen dan file melalui Internet. Karena Drive terintegrasi dengan layanan Google lainnya (Google Spreadsheet, Google Documents, dll.), Anda dapat membuat, mengedit, dan membagikan semuanya secara online, tanpa harus menggunakan aplikasi lokal di Mac Anda.

Banyak orang juga mengandalkan Google Drive Mac OS untuk mencadangkan dan menyinkronkan file, di situlah Google Drive untuk Desktop masuk. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyinkronkan folder Google Drive Anda dengan folder Mac lokal Anda, sambil terus memperbarui file Anda.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengakses file Google Drive Mac OS Anda secara langsung melalui Finder, sehingga tidak memerlukan browser. Anda juga dapat bekerja secara terbalik, mentransfer file dari Mac ke Google Drive.

Cara Menggunakan Google Drive Mac OS

Untuk memulai Google Drive Mac OS untuk desktop, pastikan Anda memiliki akun Google dan telah menyiapkan Google Drive. Kemudian ikuti langkah-langkah ini:

  1. Unduh Google Drive Mac OS Anda dari situs web Google.
  2. Instal aplikasi, yang memakan sekitar 410MB di Mac Anda.
  3. Setelah aplikasi diinstal, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Drive Anda.
  4. Setelah masuk, aplikasi akan otomatis tersinkronisasi dengan akun Anda dan siap digunakan.

Google Drive akan meminta izin kepada Anda untuk mengakses file di drive penyimpanan Anda. Ini agar dapat membuat folder akses jaringannya sendiri, yang akan Anda gunakan untuk mengakses Google Drive Mac OS langsung dari Finder.

Cara mengakses Google Drive Mac OS untuk desktop

Jika Anda hanya ingin mengakses file Google Drive, Anda dapat melakukannya dari folder Google Drive Mac OS di bilah samping Finder. Ini akan segera memberi Anda akses ke file Drive Anda, yang kemudian dapat Anda buka atau gunakan sesuai keinginan.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi Google Drive yang sebenarnya (untuk mengubah pengaturan tertentu atau memeriksa status sinkronisasi), cara tercepat untuk melakukannya adalah dari bilah menu. Anda akan melihat ikon Drive, yang memberi Anda akses cepat ke folder Google Drive Mac OS Anda. Ini menunjukkan semua dokumen Anda yang baru saja diunggah atau diperbarui, memberi tahu Anda status sinkronisasi cloud Anda, dan juga menyertakan tautan untuk membuka Google Drive Mac OS di browser Anda. Anda juga dapat menjeda sinkronisasi kapan saja dengan mengeklik ikon Pengaturan jika perlu.

Anda dapat mengakses aplikasi Google Drive dari folder Aplikasi (Finder > Aplikasi) atau dari Spotlight.

Pilih metode sinkronisasi Anda

Google Drive Desktop menyinkronkan Mac Anda ke folder Google Drive secara otomatis. Ini adalah proses berkelanjutan yang akan terus berjalan di latar belakang. Anda selalu dapat memeriksa status sinkronisasi dan file yang baru saja disinkronkan dari ikon Drive di bilah menu.

Anda harus memilih metode sinkronisasi sebelum dapat menggunakan aplikasi dengan benar. Anda dapat memilih untuk menyimpan semua file Google Drive Anda di cloud dan hanya membuat item tertentu tersedia secara offline (file streaming). Ini mengosongkan ruang penyimpanan di Mac Anda. Namun, kelemahannya adalah file harus dialirkan atau diunduh dari internet jika Anda ingin menggunakannya. Ini bisa mengganggu jika Anda tidak memiliki koneksi internet aktif.

Opsi lainnya adalah menyimpan salinan semua file Anda di Google Drive dan komputer Anda (salin file). Ini pada dasarnya memakan dua kali ruang penyimpanan (file disimpan di Mac dan Google Drive), tetapi semuanya mudah tersedia secara lokal di sistem Anda.

Anda dapat mengakses pengaturan ini dengan mengklik ikon Pengaturan di ikon Google Drive di bilah menu. Pilih Pengaturan diikuti oleh Google Drive. Pilih metode sinkronisasi yang Anda inginkan di sini. Bergantung pada ukuran folder Google Drive Anda, mungkin perlu beberapa saat agar semua file disinkronkan sepenuhnya dan tersedia di Finder.

Cadangkan folder tertentu di Mac Anda

Opsi lain yang Anda miliki adalah mencadangkan folder Mac tertentu ke Google Drive. Melakukannya memungkinkan Anda untuk menyimpan salinan data Anda yang tersedia di cloud, yang dapat Anda akses dari komputer lain jika perlu.

Folder dapat ditambahkan dari jendela Preferensi Google Drive. Untuk mengakses ini, pilih Mac Saya di panel Preferensi, diikuti oleh Tambahkan Folder. Saat Anda menambahkan folder, Drive akan menanyakan apakah Anda ingin mencadangkan folder tersebut ke Google Drive atau Google Foto. Anda dapat memilih untuk mengatur semua dokumen dan file lainnya di Google Drive, sambil menyimpan foto Anda di tempat terpisah. Ini sepenuhnya terserah Anda.

Setelah Anda memilih semua folder yang ingin Anda backup ke Google Drive, tekan Save.

Ubah pengaturan sinkronisasi Anda

Anda juga dapat mengubah pengaturan Anda dari menu pengaturan. Salah satu opsi ini adalah untuk kontrol bandwidth dth, yang berguna jika koneksi Anda lambat atau memiliki batas bandwidth. Anda juga dapat mengatur Google Drive agar berjalan secara otomatis saat Anda masuk ke Mac, menampilkan status sinkronisasi file, dan menampilkan pesan konfirmasi saat item yang dibagikan dihapus.

Penyimpanan Google Drive

Tidak seperti iCloud Drive Apple, yang hadir dengan 5 GB gratis, Google Drive menawarkan penyimpanan gratis 15 GB untuk digunakan. Ini disinkronkan di seluruh layanan Google, yang berarti bahwa jika Anda menggunakan Gmail, Google Drive, dan layanan lainnya, semuanya berbagi ruang sebesar 15 GB yang diizinkan. Jika itu tidak cukup – dan seringkali tidak bagi banyak pengguna – Anda dapat meningkatkan paket penyimpanan melalui Google One. Upgrade penyimpanan dasar adalah 100 GB seharga $1,99 per bulan, dan naik hingga 30 TB dengan $149,99 per bulan.

Anda dapat meningkatkan penyimpanan Google Drive secara online melalui Google One atau melalui panel Pengaturan di jendela Preferensi.